Tautan-tautan Akses

Putin Perkirakan Sanksi terhadap Rusia akan Meningkat


Presiden Rusia Vladimir Putin (foto: dok).
Presiden Rusia Vladimir Putin (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (6/10) mengatakan bahwa Moskow “memperkirakan tekanan sanksi akan semakin meningkat.”

“Kita harus memiliki rencana tindakan yang fleksibel dan efektif yang dirancang untuk prospek jangka pendek dan menengah, dan secara konsisten menerapkannya,” kata Putin dalam pertemuan ekonomi dengan para pejabat pemerintah Rusia.

Ia juga mengatakan bahwa “sektor ekonomi yang berorientasi ekspor masih tetap berada di bawah tekanan, terutama dari negara-negara Eropa.”

Para pengekspor “beralih ke pasar lainnya, tapi tentu saja proses ini tidak cepat. Kita butuh waktu untuk membangun rantai kerja sama dan logistik baru,” tambah Putin.

Negara-negara Uni Eropa pada hari Rabu (5/10) sepakat untuk memberlakukan batasan harga pada minyak Rusia dan sanksi baru lainnya setelah Moskow mencaplok empat wilayah Ukraina di tengah operasi militer khususnya yang telah berlangsung selama berbulan-bulan, kata pejabat UE.

Para diplomat mencapai kesepakatan itu di Brussels. Kesepakatan itu juga mencakup pembatasan ekspor komponen pesawat UE ke Rusia dan pembatasan impor baja dari negara itu, menurut pernyataan resmi Ceko yang tengah memegang kepresidenan bergilir UE. [rd/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG