Tautan-tautan Akses

Putin Kunjungi India untuk Bahas Rencana Moskow Pasok Teknologi Nuklir


Moskow berharap memperoleh kontrak 10 milyar dolar AS untuk memasok teknologi nuklir sipil dan militer ke India.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin hari Kamis memulai kunjungan ke India di mana Moskow berharap memperoleh kontrak 10 milyar dolar AS untuk memasok teknologi nuklir sipil dan militer.

Putin dijadwalkan tiba di India Kamis malam, dan akan menemui para pemimpin India hari Jumat, dan menyaksikan penandatanganan persetujuan nuklir dan militer,

Media India melaporkan, New Delhi sepakat membayar lebih mahal untuk sebuah kapal induk era Uni Soviet yang telah dibangun kembali untuk Angkatan Laut India. India semula sepakat membeli kapal induk Admiral Gorshkov tahun 2004 seharga di bawah satu milyar dolar, tetapi sekarang akan membelinya seharga 2,3 milyar dolar.

Rusia sedianya menyerahkan kapal induk itu tahun 2008, namun menangguhkannya karena perbedaan pendapat terkait harga. Media India mengatakan, kapal itu sekarang akan diserahkan tahun 2012. Penangguhan penyerahan dan kenaikan harga kapal itu menjadi penyebab terganggunya hubungan kedua negara.

Delegasi Putin diduga juga akan menandatangani perjanjian untuk menjual 29 lagi pesawat tempur Angkatan Laut MIG29K dan membantu India membangun beberapa pembangkit listrik bertenaga nuklir.

XS
SM
MD
LG