Tautan-tautan Akses

Putin Hadiri Perayaan Hari Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin dalam perayaan Hari Rusia di Moskow, Russia, 12 June 2020.

Dalam penampilannya yang pertama di depan umum sejak 9 Mei, Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (12/6) menyatakan keyakinan bahwa “mayoritas absolut” rakyat Rusia mendukung reformasi konstitusi yang antara lain memungkinkannya berkuasa hingga 2036.

Putin, berbicara pada Perayaan Hari Rusia di Taman Kemenangan Moskow, di Poklonnaya Hill, menyampaikan ucapan selamat Hari Rusia kepada warga Rusia di dalam dan di luar negeri.

Dalam pernyataannya, Putin membicarakan tentang kesamaan “sejarah dan landasan moral,” budaya dan tradisi yang dimiliki semua orang Rusia, seperti sikap respek terhadap pekerja, orang tua dan keluarga. Ia mengatakan, “Telah sering ada permintaan untuk memasukkan prinsip inti dan mendasar ini ke dalam konstitusi Rusia. Saya yakin mayoritas absolut warga kita sama-sama mendukung sikap tersebut.”

Rakyat Rusia akan memberikan suara pada 1 Juli untuk menentukan serangkaian reformasi konstitusi, termasuk perubahan yang akan memungkinkan Putin mencalonkan diri untuk dua kali masa jabatan enam tahun, setelah masa jabatannya yang sekarang berakhir pada tahun 2024.

Juga akan ditentukan dalam pemilu itu adalah diperdalamnya kewenangan presiden atas parlemen, menetapkan rubel sebagai mata uang resmi Rusia dan menetapkan pernikahan adalah antara lelaki dan perempuan, yang praktis melarang pernikahan sesama jenis.

Para pengamat berspekulasi larangan pernikahan sesama jenis ditambahkan dalam surat suara untuk menarik pemilih agar berpartisipasi.

Hari Rusia dimulai pada tahun 1992 untuk memperingati pernyataan kedaulatan Rusia dari Uni Soviet, yang memuluskan jalan bagi kemerdekaan negara itu. [uh/ab]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG