Tautan-tautan Akses

Putin Akui Ledakan di Pangkalan Militer Selama Tes Senjata, Tapi Tak Beri Rincian


Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dalam konferensi pers di Helsinki, Finlandia, Rabu (21/8).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kecelakaan pada 8 Agustus di pangkalan militernya di utara terjadi selama uji coba sistem senjata, tetapi ia menambahkan tidak bisa mengungkapkan semua rincian tentang insiden itu karena alasan keamanan.

Berbicara pada 21 Agustus ketika melawat ke Finlandia untuk bertemu dengan mitranya, Sauli Niinisto, Putin mengatakan semua layanan yang memantau radiasi berfungsi dan tingkat radiasi normal. Ia menambahkan hal yang sama juga berlaku di negara-negara tetangga.

Putin mengatakan dalam sambutannya yang luas bahwa penting bagi Eropa untuk mulai berbagi informasi mengenai kecelakaan semacam itu pada masa depan.

Kecelakaan di wilayah Arkhangelsk, Rusia utara itu, yang menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai beberapa lainnya, menimbulkan kekhawatiran akan atmosfer yang tercemar setelah pejabat kedaruratan melaporkan lonjakan tingkat radiasi di sekitarnya.

Teluk Laut Putih di mana terletak pelabuhan galangan kapal dan ibukota wilayah, Arkhangelsk, diperintahkan ditutup untuk berenang dan memancing karena adanya bahan bakar beracun dari roket.

Setelah kecelakaan itu, ada laporan orang-orang bergegas membeli obat tetes yodium di kota galangan kapal terdekat, Severodvinsk. Yodium sering digunakan untuk melindungi kelenjar tiroid dari radiasi.

Putin pada 19 Agustus mengatakan "tidak ada ancaman" kontaminasi setelah ledakan mematikan itu, yang terjadi di kota Nyonoksa, pelabuhan Teluk Dvina tidak jauh dari Severodvinsk, di situs angkatan laut yang telah digunakan selama beberapa dekade untuk menguji rudal angkatan laut, termasuk rudal balistik antarbenua.

Beberapa pejabat A.S. mengatakan mereka yakin ada unsur-unsur radioaktif, dan banyak analis memusatkan perhatian pada rudal jelajah bertenaga nuklir yang diumumkan Putin sedang dikembangkan tahun lalu. (my/ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG