Tautan-tautan Akses

Putaran Baru KTT Iklim Dibuka di Jerman


Pejabat urusan iklim PBB, Yvo de Boer, mendesak negara maju segera merealisasikan bantuan untuk memerangi pemanasan global.

Konferensi Iklim PBB dibuka di Jerman pada hari Senin, dengan negara-negara berkembang menghendaki jaminan bahwa negara-negara kaya akan tetap menepati janji mereka memberi bantuan keuangan untuk memerangi pemanasan global.

Ketua PBB Urusan Iklim Yvo de Boer membuka konferensi di Bonn, sembari mendesak negara-negara industri untuk mulai mengirim dana 30 milyar dolar yang mereka janjikan lima bulan lalu pada konferensi serupa di Kopenhagen, Denmark.

De Boer mengatakan negara-negara berkembang masih skeptis mengenai janji-janji bantuan dan khawatir bahwa setiap dana yang terwujud adalah dana yang sudah dijanjikan untuk tujuan-tujuan lain.

Organisasi nirlaba Oxfam mengatakan kini semakin jelas jelas bahwa negara-negara kaya hendak menyertakan sebagian besar dana yang dijanjikan itu sebagai pinjaman bukan sebagai hibah.

Pernyataan Oxfam menyebutkan langkah semacam ini membebani negara-negara miskin dengan hutang baru bagi masalah pemanasan global, sebuah masalah yang diciptakan negara-negara maju.


XS
SM
MD
LG