Tautan-tautan Akses

AS

Pusat Badai Nasional AS Lacak Badai di Atlantik dan Teluk Meksiko


Badai Paulette menerjang Bermuda, 13 September 2020. (Credit: NOAA)

Pusat Badai Nasional AS (NHC) sekarang ini sedang mengawasi beberapa badai dan depresi tropis di Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko. Badai Paulette menerjang Bermuda dan Badai Tropis Sally membawa ancaman ke bagian selatan Amerika Serikat.

Para pakar cuaca menyatakan Sally, sekitar 195 kilometer di lepas pantai Louisiana pada prakiraan terbaru, diperkirakan akan menguat sewaktu bergerak ke arah timur laut melintasi Teluk Meksiko pada hari Senin (14/9). Sally diperkirakan akan bergerak menuju Pesisir Louisiana pada hari Selasa. Peringatan badai telah diberlakukan di sepanjang pesisir Louisiana, Mississippi dan beberapa daerah di Alabama.

Louisiana masih dalam pemulihan setelah Badai Laura menerjang negara bagian itu bulan lalu, menewaskan enam orang dan menyebabkan kerusakan bernilai jutaan dolar.

Sementara itu, NHC menyatakan dalam laporan terbarunya bahwa mata Badai Paulette bergerak melintasi kawasan timur laut Bermuda. Badai itu menerjang kepulauan tersebut Minggu malam dengan angin berkecepatan maksimum 150 kilometer per jam, hujan lebat, dan gelombang berbahaya yang ditimbulkan badai, yang menyebabkan banjir yang signifikan di kawasan pesisir. Kondisi diperkirakan membaik pada Senin malam sementara badai bergerak meninggalkan kepulauan itu.

Sebelumnya, NHC menyatakan depresi tropis Teddy telah berubah menjadi badai tropis, dan diperkirakan akan menguat lagi sewaktu bergerak ke utara akhir pekan ini. Para peramal cuaca menyatakan terlalu dini untuk menyatakan apakah badai ini juga akan menjadi ancaman bagi Bermuda.

Sementara itu, NHC juga sedang mengawasi sistem cuaca Rene, yang disebut sedang bertahan sebagai depresi tropis. Para peramal cuaca menyatakan Rene berlokasi sekitar 1.795 kilometer sebelah timur laut Kepulauan Leeward dan mereka memperkirakan Rene akan menghilang pada hari Rabu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG