Tautan-tautan Akses

AS

Punxsutawney Phil: Musim Dingin di AS 6 Minggu Lagi   


Marmot tanah Punxsutawney Phil begitu keluar dari liangnya pada Selasa (2/2) pagi di Punxsutawney, Pennsylvania.

Punxsutawney Phil “meramalkan” musim dingin di Amerika akan berlangsung selama enam minggu lagi. “Ramalan” marmot tanah itu, begitu dia keluar dari liang pada Selasa (2/2) pagi, yang bersalju setiap 2 Februari di Amerika, disebut Groundhog Day.

Keluarga "inti" Phil membangunkan hewan itu pada pukul 07.25 di Gobbler's Knob di Punxsutawney, Pennsylvania, untuk melihat apakah dia akan melihat bayangannya atau tidak.

Menurut tradisi yang sudah berlangsung 135 tahun ini, jika Phil melihat bayangannya, maka musim dingin akan berlangsung enam minggu lagi. Jika tidak, musim semi akan datang lebih awal. Tahun ini, Phil dikatakan bisa melihat bayangannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 15 ribu orang datang ke Gobbler's Knob, bukit kecil di desa Punxsutawney, untuk menyaksikan langsung tradisi ramalan cuaca tersebut yang sudah ada sejak tahun 1887. Tahun ini, penonton dilarang datang karena pandemi virus corona. Namun, acara itu disiarkan langsung secara daring.

Catatan dari akhir tahun 1800-an menunjukkan bahwa Phil telah memperkirakan musim dingin yang lebih panjang lebih dari 100 kali. Tahun lalu, dia “meramalkan” musim semi akan datang lebih cepat tetapi tidak memberikan petunjuk apa-apa tentang pandemi. [ka/lt]

XS
SM
MD
LG