Tautan-tautan Akses

Punahnya Lebah dan Serangga Liar Dapat Bahayakan Pasokan Pangan Dunia


Peternak lebah, Yip Ki-hok, 62 menarik segenggam lebah dari kantong sebelum menempatkannya di sarang lebah di peternakannya di Hong Kong setelah mengambil madu dari sarangnya dengan tangan kosong (foto: Anthony Wallace/AFP)

Berkurangnya jumlah dan menghilangnya lebah, serangga liar, dan serangga lain yang membantu penyebaran serbuk sari akan memiliki konsekuensi serius bagi umat manusia dan pasokan pangan global, demikian peringatan yang dikeluarkan oleh PBB hari Senin (20/5).

“Keberadaan lebah mendukung 170.000 spesies tanaman yang pada gilirannya mendukung lebih dari 200.000 spesies hewan,” ujar Ketua Dewan Umum PBB, Maria Fernanda Espinosa, dalam menyambut Hari Lebah Dunia. “Lebah bertanggung jawab kurang lebih terhadap sepertiga hampir dari keseluruhan bahan pangan yang dihasilkan” – termasuk tomat, kopi, apel, buah badam, kakao, dan berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk produksi obat-obatan.

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia PBB mengatakan serangga yang bertanggung jawab untuk menyebar serbuk sari, termasuk lebah, keberadaannya terancam jumlahnya secara global terutama karena aktivitas manusia, terutama pemanasan global, hilangnya habitat, dan terlalu banyak penggunaan pestisida.

Hewan yang bertanggung jawab untuk menyebarkan serbuk sari yang populasinya juga terancam termasuk di antaranya kupu-kupu, burung kolibri, kelelawar dan kera, yang menyebarkan serbuk sari dari tanaman yang memiliki kemampuan untuk penyerbukan sendiri saat serangga dan primata berpindah dari satu pohon ke pohon atau di antara semak.

“Upaya mendesak dan dengan kisaran yang luas dibutuhkan untuk melindungi lebah di habitat alam liar, ladang pertanian, dan lingkungan perkotaan,” ujar Deputi Sekretaris Jenderal Amina Mohammed.

Para pakar mengatakan perlindungan habitat lebah jadi kuncinya. Mereka merekomendasikan warga untuk menanam berbagai bunga yang ramah lebah dan menempatkan batang kayu berongga atau cabang pohon di lahan milik mereka, yang menyebutnya tampat ideal untuk serangga yang bertanggung jawab untuk penyerbukan. [ww]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG