Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Syiah Peringati Hari Asyura


Puluhan ribu warga Muslim-Syiah Irak memperingati hari suci Asyura dengan memeragakan suasana Perang Karbala hari Minggu (30/8) di kota Najaf.
Puluhan ribu warga Muslim-Syiah Irak memperingati hari suci Asyura dengan memeragakan suasana Perang Karbala hari Minggu (30/8) di kota Najaf.

Puluhan ribu warga Muslim-Syiah di Karbala hari Minggu (30/8) memperingati hari suci Asyura, dengan berpawai menuju masjid-masjid Imam Hussein dan Imam Abbas.

Asyura merupakan peringatan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Hussein, salah satu tokoh paling dicintai kelompok Muslim-Syiah.

Selain berpawai, sebagian warga juga menjalani prosesi seperti memukuli dada mereka dan mencambuk diri sendiri.

Terus meluasnya pandemi virus corona membuat ulama Syiah terkemuka di Irak, Ayatollah Ali Sistani, menyerukan warga agar memperingati hari suci itu dengan cara lain, seperti menyaksikan peringatan lewat televisi atau online di rumah.

Mereka yang mengikuti peringatan itu diminta mematuhi protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak fisik dan mengenakan masker. Jumlah peserta juga dibatasi.

Bagi warga Muslim-Syiah, yang jumlahnya lebih 10% dari total umat Muslim dunia yang berjumlah 1,8 miliar orang, mengenang Hussein merupakan peristiwa emosional di mana banyak yang menangisi kematiannya dalam pertempuran Karbala, atau Irak sekarang. Peristiwa ini memicu perpecahan antara Sunni dan Syiah. [em/ka]

XS
SM
MD
LG