Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Mengungsi dari Kerusuhan di Darfur


Ribuan orang mengungsi untuk menghindari serangkaian serangan di Darfur, kawasan Sudan (9/3).
Ribuan orang mengungsi untuk menghindari serangkaian serangan di Darfur, kawasan Sudan (9/3).

PBB mengatakan serangkaian serangan di Darfur – kawasan Sudan yang telah lama dilanda konflik – memaksa lebih 45.000 orang mengungsi dari rumah mereka.

Juru bicara PBB mengatakan kerusuhan itu terjadi di Darfur selatan dan banyak warga mengungsi ke ibukota negara bagian itu, Nyala.

Sejumlah laporan dari lokasi mengatakan serangan-serangan itu dilakukan pasukan pemerintah Sudan, tapi tidak ada konfirmasi secara independen.

Juru bicara PBB itu mengatakan kekerasan juga pecah di Darfur utara. Ia mengatakan kerusuhan di daerah Saraf Omra adalah akibat konflik antar komunitas dan memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka.

Komunitas-komunitas di Sudan sering bentrok terkait sumberdaya lahan, air dan mineral.

Konflik melanda Darfur sejak 2003 setelah pemberontak yang mayoritas non-Arab mengangkat senjata melawan pemerintah pimpinan etnis Arab, memicu serangan-serangan balasan oleh milisi dukungan pemerintah.

PBB mengatakan kekerasan di Darfur yang telah berlangsung lebih satu dekade telah menewaskan lebih 300.000 orang dan memaksa hampir dua juta warga mengungsi dari rumah mereka sehingga menciptakan bencana kemanusiaan.

Recommended

XS
SM
MD
LG