Tautan-tautan Akses

AS

Puluhan Berunjuk Rasa Jelang Sidang Kematian George Floyd


Seorang pria memegang foto George Floyd dalam demonstrasi di luar Istana Gubernur, di St. Paul, Minnesota, Sabtu, 6 Maret 2021.

Puluhan orang berunjuk rasa di depan istana Gubernur Minnesota pada Sabtu (6/3), menuntut akuntabilitas polisi. Aksi itu dilakukan beberapa hari sebelum seorang mantan polisi Minneapolis dijadwalkan menjalani persidangan dalam kasus kematian George Floyd.

Banyak dari sekitar 150 orang yang berdemonstrasi di Minnesota itu adalah anggota keluarga dari orang-orang yang tewas di tangan polisi. Sejumlah protes serupa diadakan di kota-kota di seluruh negara itu, menjelang sidang Derek Chauvin.

Floyd, seorang laki-laki berkulit hitam, meninggal pada 25 Mei setelah Chauvin, yang berkulit putih, menindih lehernya selama sekitar sembilan menit. Floyd kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Chauvin didakwa melakukan pembunuhan tingkat dua dan pembunuhan berencana (manslaughter). Pemilihan juri untuk sidangnya akan dimulai pada Senin (8/3).

Protes pada Sabtu (6/3) di Minnesota itu diorganisasi oleh Keluarga Mendukung Keluarga Menentang Kekerasan Polisi, sebuah koalisi beberapa keluarga yang kehilangan anggota keluarga mereka dalam konfrontasi dengan polisi. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG