Tautan-tautan Akses

Puluh Ribu Unjuk Rasa di Berlin Memprotes Rasialisme, Diskriminasi


Ribuan orang menghadiri demonstrasi dengan slogan “tak terpisahkan” melawan kebencian dan untuk solidaritas, bukan pengucilan, di Berlin, Jerman, 13 Oktober 2018. Pengunjuk rasa membentangkan poster bertuliskan “tak terpisahkan – solidaritas, bukan pengucilan.” (Foto: AP)

Puluhan ribu orang unjuk rasa di Berlin untuk memprotes rasialisme dan diskriminasi, Sabtu (13/10). Demonstrasi besar-besaran itu berlangsung di tengah keprihatinan yang makin besar dengan meningkatnya kehadiran ekstrem kanan di Jerman, kantor berita AP melaporkan.

Berbagai kelompok, termasuk pro-pengungsi, hak-hak kaum gay, dan organisasi Muslim, mendukung protes di Ibu Kota Jerman itu. Dan slogan mereka adalah “solidaritas dan bukannya pengucilan bagi sebuah masyarakat yang terbuka dan bebas.”

Pemilihan tahun lalu di Jerman, partai Alternatif untuk Jerman yang beraliran kanan masuk ke parlemen nasional. Kekerasan anti-migran beberapa minggu lalu di Chemnitz, Jerman timur telah menambah keprihatinan.

Penyelenggara mengatakan lebih dari 240 ribu orang turun ke jalan pada Sabtu, sementara polisi mengutip angkanya “di kawasan rendah enam digit.”

Diantara pendukung protes ini adalah Menteri Luar Negeri Heiko Maas, yang mengatakan kepada kelompok harian Funke, dia menyambut gembira “pertanda besar bahwa mayoritas di negara kita mendukung toleransi dan keterbukaan.” [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG