Tautan-tautan Akses

Puing-Puing Rusak Kyiv Setelah Ukraina Tembak Jatuh Drone Rusia


Seorang petugas berupaya memadamkan api kebakaran di sebuah rumah pribadi yang rusak akibat serangan udara besar-besaran Rusia, di wilayah Kyiv, Ukraina, 29 Mei 2023. (Layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina di Kyiv region/Handout via REUTERS)
Seorang petugas berupaya memadamkan api kebakaran di sebuah rumah pribadi yang rusak akibat serangan udara besar-besaran Rusia, di wilayah Kyiv, Ukraina, 29 Mei 2023. (Layanan pers Layanan Darurat Negara Ukraina di Kyiv region/Handout via REUTERS)

Rusia, Selasa pagi melancarkan apa yang disebut para pejabat Ukraina sebagai “serangan besar-besaran” yang menargetkan Kyiv dengan lebih dari 20 drone yang dihancurkan pertahanan udara Ukraina.

Serhiy Popko, kepala administrasi militer Kyiv, mengatakan di Telegram bahwa setelah beberapa hari serangan udara Rusia yang menggunakan kombinasi drone dan rudal, Rusia hanya mengandalkan drone Shahed buatan Iran untuk serangan ke-17-nya terhadap ibu kota Ukraina pada bulan Mei.

Ukraina telah mengatakan sukses berulang kali menembak jatuh sebagian besar dari apa yang diluncurkan Rusia ke arah Kyiv, tetapi sering kali puing-puing rudal dan drone yang ditembak jatuh akhirnya menghantam bangunan-bangunan di darat.

Popko mengatakan puing-puing dari serangan Selasa menghantam sebuah apartemen dan memicu kebakaran, menewaskan sedikitnya satu orang dan mencederai tiga lainnya. Puing-puing lainnya merusak mobil-mobil dan sebuah rumah di bagian-bagian lain kota itu, lanjutnya.

Pasukan Rusia telah mengintensifkan serangan terhadap Kyiv menjelang perkiraan serangan balasan Ukraina yang telah dikatakan oleh para pemimpin di Kyiv akan dilakukan untuk mendapatkan kembali wilayah yang direbut Rusia di Ukraina Timur sejak negara itu melancarkan invasi skala penuh pada Februari 2022.

“Setiap serangan teroris seperti itu akan membawa kami dan seluruh dunia ke kesimpulan jelas: Rusia ingin menempuh jalan kejahatan sampai akhir, yaitu untuk kekalahannya, karena kejahatan tidak memiliki akhir selain kekalahan,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato hariannya Senin malam. “Dunia harus melihat bahwa teror sedang menuju kekalahan.”

Serangan Moskow

Wali Kota Moskow mengatakan serangan drone menyebabkan kerusakan ringan terhadap beberapa bangunan, tetapi tidak ada cedera serius, dalam serangan hari Selasa terhadap ibu kota Rusia itu.

Sergei Sobyanin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu terjadi pada saat fajar dan bahwa warga dievakuasi dari dua bangunan.

Rusia menembak jatuh dua drone di atas Kremlin pada awal Mei dalam apa yang disebutnya sebagai serangan Ukraina. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG