Tautan-tautan Akses

AS

Protes Pembebasan Polisi Tersangka Pembunuhan Warga Kulit Hitam AS, Berlanjut


Para pendemo berjalan kaki melalui West County Mall untuk merespon putusan pengadilan yang menyatakan mantan perwira polisi St. Louis, Jason Stockley tidak bersalah untuk kasus penembakan yang menyebabkan seorang warga kulit hitam AS meninggal dunia, 16 Desember 2017, di Des Peres. Stockley melakukan penembakan tersebut pada tahun 2011.

Massa berkumpul di St. Louis, Missouri, untuk aksi protes hari kedua, Sabtu (16/9) yang dipicu pembebasan perwira polisi kulit putih yang dituduh membunuh seorang laki-laki kulit hitam.

Ratusan orang berjalan melewati dua mal di daerah pinggiran kota itu hari Sabtu. Pemrotes meneriakkan "Black Lives Matter" dan "adalah tugas kita memperjuangkan kebebasan kita" saat berbaris dalam demonstrasi yang umumnya damai.

Kelompok Band U2 Sabtu pagi mengumumkan pembatalan konser yang direncanakan Sabtu malam di St. Louis, dengan alasan tidak percaya polisi kota itu bisa dengan cukup baik melindungi konser itu.

Protes hari Jumat itu dimulai setelah pengadilan memutuskan untuk membebaskan Jason Stockley, mantan perwira polisi St. Louis yang dituduh menembak fatal Anthony Lamar Smith setelah pengejaran mobil pada Desember 2011. Jaksa juga menuduh Stockley meletakkan pistol di tubuh Smith. Menurut Jaksa, pada pistol itu hanya terdapat DNA Stockley.

Polisi mengatakan 23 orang ditangkap dan sembilan polisi terluka dalam bentrokan dengan pemrotes.[ka]

XS
SM
MD
LG