Tautan-tautan Akses

Protes Hong Kong Ganggu Penerbangan, Kereta


Para demonstran menggunakan berbagai benda untuk melindungi diri berusaha melewati stasiun kereta bawah tanah menuju ke kantor polisi di Hong Kong, 4 Agustus 2019. (Foto: AP)

Sedikitnya 100 penerbangan dibatalkan dan layanan kereta bawah tanah terganggu di Hong Kong, Senin (5/8), karena gerakan pro-demokrasi menyerukan mogok umum.

Cathay Pacific dan maskapai domestik lainnya seperti Hong Kong Airlines paling terkena dampak dari pembatalan penerbangan itu, kata laporan radio RTHK. Layanan kereta ekspres bandara juga terhenti.

Mogok dan demonstrasi di tujuh distrik di Hong Kong diserukan untuk Senin (5/8) siang. Sebelumnya polisi bentrok dengan pengunjuk rasa pada akhir pekan.

Serangkaian unjuk rasa melanda Hong Kong sepanjang musim panas. Gerakan menentang RUU ekstradisi yang akan memungkinkan warga dikirim ke China daratan untuk diadili telah meluas. Kini para pengunjuk rasa juga menuntut diselidikinya dugaan kekerasan oleh polisi terhadap demonstran dan dibubarkannya parlemen. Para pengunjuk rasa juga menghendaki demokrasi penuh bagi wilayah China yang semi-otonom itu. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG