Tautan-tautan Akses

Protes Anti Amerika Terjadi di Afghanistan


Polisi Afghanistan siaga sementara para demonstran yang marah membakar ban-ban dekat pangkalan AS di Kabul, Afghanistan (17/9).
Polisi Afghanistan siaga sementara para demonstran yang marah membakar ban-ban dekat pangkalan AS di Kabul, Afghanistan (17/9).

Hampir 1.000 demonstran melakukan aksi protes di ibukota Afghanistan menentang film yang diproduksi di Amerika yang menghina Nabi Muhammad.

Para demonstran meneriakkan “kematian untuk Amerika” ketika mereka membakar mobil-mobil dan ban-ban hari Senin di Kabul, dekat sebuah pangkalan militer Amerika.

Filem yang berjudul The Innocence of Muslims itu telah menimbulkan gelombang protes di banyak kota. Kedutaan-kedutaan Barat di seluruh dunia Muslim berada dalam siaga tinggi.

Hari Minggu, ratusan demonstran Pakistan yang memprotes film tersebut bentrok dengan polisi ketika mereka berusaha mencapai konsulat Amerika di kota Karachi. Di Lahore, kira-kira 5.000 orang berdemonstrasi memprotes film itu. Sejumlah demonstrasi damai diadakan di beberapa kota lain di Pakistan.

Kedutaan-kedutaan Barat di seluruh dunia Muslim berada dalam siaga tinggi untuk menghadapi kekerasan yang ditimbulkan oleh film The Innocence of Muslims yang diproduksi oleh sebuah kelompok di Amerika Serikat.

Demonstran di Indonesia melemparkan bom bensin ketika mereka bentrok dengan polisi hari Senin di luar kedutaan Amerika di Jakarta. Demonstrasi juga diadakan di Medan menentang film itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG