Tautan-tautan Akses

Profil Pembom Manchester


Polisi memblokir jalan di sekitar Manchester Arena di Manchester tengah, Inggris, 23 Mei 2017. setelah serangan bom menghantam konser Ariana Grande di Manchester Arena

Polisi Inggris telah menyebut Salman Ramadan Abedi yang berusia 22 tahun sebagai pelaku serangan bunuh diri di Arena Manchester pada hari Senin.

Abedi lahir di Manchester tahun 1994 dalam keluarga Muslim yang taat. Orang tuanya melarikan diri ke Inggris dari Libya dan menetap di Manchester.

Berita BBC mengatakan, dia memiliki setidaknya tiga saudara kandung - abangnya lahir di London, dan adik laki-laki dan perempuan lahir di Manchester. Ia masuk sekolah lokal, menjadi pendukung tim sepak bola Manchester United dan bekerja di toko roti.

Abedi beribadah di sebuah masjid pinggiran kota, dimana ayahnya kadang- kadang melakukan adzan untuk sholat. Puteranya mengambil jurusan bisnis di University of Salford di Manchester. Universitas tersebut telah mengkonfirmasi hal ini.

Abedi dikenal oleh pasukan keamanan Inggris tapi dia tidak dianggap sebagai ancaman yang akan segera terjadi.

Sekitar 16.000 orang asal Libia tinggal di Inggris, dan Manchester adalah tempat bagi komunitas Libia terbesar di Inggris, menurut berita BBC. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG