Tautan-tautan Akses

Procter & Gamble Sepakat dengan Kehadiran Aktivis di Dewan Direksi


Mantan presiden Meksiko Ernesto Zedillo Ponce de Leon terpilih kembali sebagai anggota Dewan Direksi P&G (foto: dok).

Procter & Gamble kini menambah Nelson Peltz dalam jajaran dewan direksi, mengakhiri perlawanan dengan investor aktivis yang telah berupaya mengubah perusahaan raksasa itu.

Pengumuman itu disampaikan setelah Peltz bulan lalu mengklaim telah memenangkan suara para pemegang saham untuk memasukkannya dalam jajaran dewan, mengalahkan mantan direktur lama – yang juga mantan presiden Meksiko Ernesto Zedillo – dengan persentase sepersekian persen. Bagaimana pun juga perusahaan itu mengklaim perbedaan hasil pemungutan suara itu terlalu tipis.

Procter & Gamble Co yang berkantor di Cincinnati mengatakan Zedillo dan 10 lainnya terpilih kembali. Tetapi mengatakan karena Peltz meraih begitu banyak dukungan pemegang saham, ia akan mendapat kursi di dewan itu mulai 1 Maret.

CEO perusahaan farmasa Novartis, Joseph Jimenez, juga masuk jajaran dewan direksi.

Trian Fund Management memiliki sekitar 3,5 miliar saham Procter & Gamble, dan telah mendesak para produsen produk seperti popok “Pampers”, deterjen “Tide” dan pasta gigi “Crest” untuk merampingkan struktur perusahaan dan mengurangi biaya.

Procter & Gamble mengatakan pihaknya telah melakukan “sejumlah diskusi” dengan Peltz tentang dewan pengurus itu menjelang pengumuman hari Jum’at. Ditambahkan, mereka sepakat perusahaan itu seharusnya tidak memiliki utang yang berlebihan, memangkas pengeluaran riset dan pengembangan, atau memecah perusahaan itu. [em/al]

XS
SM
MD
LG