Tautan-tautan Akses

AS

Pria California Dihukum Seumur Hidup Dalam Kasus Pembunuhan Mahasiswa China


Andrew Garcia, (kiri), menghadiri sidang di Pengadilan Tinggi Los Angeles didampingi pengacara publik, 12 Januari 2015. Garcia adalah satu dari empat terdakwa dalam kasus penganiayaan yang mengakibatkan kematian seorang mahasiswa paska sarjana di USC pada tahun 2014. Garcia dihukum penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat pada 16 Agustus 2017.

Hakim di California hari Rabu (16/8) menjatuhkan hukuman seumur hidup pada terdakwa yang dituduh merampok dan membunuh seorang mahasiswa teknik Cina tahun 2014.

Andrew Garcia adalah satu dari empat orang yang dituduh membunuh Xinran Ji, seorang mahasiswa pasca sarjana di University of Southern California.

Beberapa sanak keluarga Ji datang dari Beijing dan dengan sedih menyampaikan pernyataan di ruang sidang sebelum Garcia dijatuhi hukuman.

Garcia dan tiga orang lainnya dituduh menyerang Ji dengan tongkat baseball dan kunci Inggris saat dia pulang ke rumah setelah belajar pada malam hari pada tanggal 24 Juli 2014.

Ji berhasil melarikan diri dari penyerang dan terhuyung- huyung pulang, meninggalkan jejak berdarah . Teman sekamarnya menemukannya tewas di apartemen mereka beberapa jam kemudian.

Jaksa mengatakan terdakwa menyerangnya karena Ji orang Cina dan mereka mengira dia punya uang.

Terdakwa kedua juga telah diadili dan masih menunggu dijatuhi hukuman . Dua tersangka lain belum diadili.

Pembunuhan Ji terjadi dua tahun setelah dua siswa China lainnya di USC juga tewas dalam perampokan.

Universitas tersebut sejak itu telah meningkatkan penjagaan keamanan di lingkungan kampus di Los Angeles itu. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG