Tautan-tautan Akses

Presiden Biden akan Umumkan Niat Sediakan $102 Juta untuk Kemitraan AS-ASEAN


Presiden Joe Biden memberikan sambutan di Kearny, New Jersey, AS, 25 Oktober 2021. (Foto: AP)
Presiden Joe Biden memberikan sambutan di Kearny, New Jersey, AS, 25 Oktober 2021. (Foto: AP)

Presiden Biden akan mengumumkan niat Amerika Serikat untuk menyediakan dana hingga $102 juta bagi prakarsa baru untuk memperluas Kemitraan Strategis AS-ASEAN pada KTT AS-ASEAN 26 Oktober.

Menurut pernyataan pers Gedung Putih, Selasa (26/10), dana itu mencerminkan komitmen mendalam pemerintahan Biden-Harris terhadap peran sentral ASEAN dalam visi AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Terkait masa depan kesehatan AS-ASEAN, menurut pernyataan itu, AS berkomitmen untuk memimpin perjuangan global melawan pandemi COVID-19.

Amerika Serikat bermaksud untuk menyediakan dana hingga $40 juta bagi upaya baru untuk mempercepat penelitian bersama, memperkuat kapasitas sistem kesehatan, dan mengembangkan generasi sumber daya manusia berikutnya di bidang kesehatan.

Prakarsa Masa Depan Kesehatan AS-ASEAN ini berpijak pada investasi AS selama 20 tahun terakhir dalam mendukung kesehatan masyarakat di ASEAN, yang nilainya lebih dari $3,5 miliar.

Prakarsa ini akan membantu mengatasi pandemi saat ini dan memperkuat kemampuan ASEAN untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggapi penyakit zoonosis dan penyakit menular lainnya di masa depan.

Terkait iklim, AS bermaksud menyediakan dana hingga $20,5 juta untuk inisiatif Masa Depan Iklim AS-ASEAN baru yang didedikasikan untuk mengatasi krisis iklim dan membatasi pemanasan global hingga tidak melebihi 1,5 derajat Celsius. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG