Tautan-tautan Akses

Presiden Lithuania Jenguk Mantan PM Ukraina


Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko kini dirawat di rumah sakit Kharkiv, akibat sakit punggung kronis (foto: dok).
Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko kini dirawat di rumah sakit Kharkiv, akibat sakit punggung kronis (foto: dok).

Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite menjadi pemimpin asing pertama yang menjenguk mantan PM Ukraina Yulia Tymoshenko yang dirawat di rumahsakit.

Mantan Perdana Menteri Ukraina, Yulia Tymoshenko kini dirawat di rumahsakit di Kharkiv, Ukraina timur sejak ia dipindahkan dari sel penjara.

Setelah pertemuan hari Jumat itu, kepada wartawan Grybauskaite mengatakan, ia khawatir apa yang awalnya adalah boikot oleh para pemimpin Eropa pada KTT yang akan diselenggarakan di Ukraina bisa menjadi krisis kepercayaan yang serius antara Kyiv dan Eropa. Ia mengatakan ia ingin mencegah "bola salju" ketidakpercayaan itu membesar menjadi "salju longsor."

Hari Selasa, Ukraina menunda rencana KTT para pemimpin Eropa Tengah dan Timur, setelah beberapa di antara mereka menarik diri guna memprotes perlakuan terhadap Tymoshenko. KTT itu dijadwalkan berlangsung di Yalta hari Jumat dan Sabtu. Sekitar 10 pemimpin Uni Eropa menyatakan tidak akan hadir, termasuk Presiden Jerman Joachim Gauck dan Presiden Ceko Vaclav Klaus.

Tymoshenko hari Rabu mengakhiri mogok makan selama hampir tiga minggu setelah dipindahkan dari penjara ke rumahsakit setempat untuk dirawat akibat sakit punggung kronis.

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych menghadapi kecaman yang meningkat atas penahanan Tymoshenko dan penolakan pemerintahnya untuk membolehkannya berobat ke Jerman.

Recommended

XS
SM
MD
LG