Tautan-tautan Akses

Presiden Zimbabwe Yakin Akan Menangkan Pilpres


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe merayakan ulangtahunnya ke-89 di Bindura, sekitar 100 kilometer utara Harare (2/3).
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe merayakan ulangtahunnya ke-89 di Bindura, sekitar 100 kilometer utara Harare (2/3).

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang merayakan ulang tahun ke-89, hari Sabtu (2/3) mengatakan keyakinannya akan mengalahkan lawan-lawannya dengan mudah dalam pemilihan presiden tahun ini.

Presiden Mugabe memotong kue seberat 89 kilogram di arena olahraga di kota pertambangan Bindura, sekitar 90 kilometer timur laut Harare.

Kelompok pemuda dari partainya, ZANU-PF, mengatakan mereka berjalan ke pesta itu sebagai bentuk penggambaran perjalanan perjuangan Mugabe melawan kolonialisme dan imperialisme Barat.

Mugabe mengatakan ia yakin partai ZANU-PF akan menang dalam pemilu dan menuduh saingannya mengklaim peningkatan kekerasan politik baru-baru ini untuk menutupi kekalahan dalam pemilu mendatang dengan dalih pemilu tidak akan bebas dan adil.

Gubernur bank sentral negara itu menyumbangkan 89 sapi untuk Mugabe. Gubernur provinsi setempat Martin Dinha menjanjikan makanan gratis bagi 20.000 orang yang menghadiri acara tersebut dan dimeriahkan dengan aneka hiburan di malam hari.

Pejabat-pejabat partai Mugabe dilaporkan mengumpulkan sumbangan 600 ribu dolar untuk acara itu. Sementara sekitar 1,5 juta rakyat Zimbabwe di negara itu bergantung pada bantuan pangan dalam ekonomi yang sulit, perusahaan penambangan intan yang dikuasai polisi dan militer yang setia pada Mugabe dan mengoperasikan ladang intan di timur negara itu, ikut membayar pembelian kue setinggi dua meter, kue terbesar dari lima kue mewah yang disajikan.

Perdana Menteri Morgan Tsvangirai, yang membentuk koalisi yang goyah dengan Mugabe setelah dimediasi pemimpin kawasan menyusul pemilu yang memicu kekerasan dan sengketa tahun 2008, berada di Zimbabwe tengah hari itu. Tsvangirai meluncurkan kampanye partainya untuk memilih konstitusi baru tanggal 16 Maret. Pemilihan anggota parlemen dan presiden, yang akan mengakhiri koalisi itu, akan dijadwalkan kemudian, mungkin sekitar bulan Juli.

Recommended

XS
SM
MD
LG