Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Berkunjung ke Polandia


Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Istana Kepresidenan di Warsawa, Polandia, pada 5 April 2023. (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Istana Kepresidenan di Warsawa, Polandia, pada 5 April 2023. (Foto: Reuters/Kacper Pempel)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berkunjung ke Polandia pada Rabu (5/4) dan menyampaikan sejumlah informasi kepada para pejabat negara tersebut tentang perkembangan perang di negaranya. Zelenskyy juga bertemu dengan para pengungsi Ukraina yang melarikan diri setelah Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina.

Zelenskyy mengatakan situasi tetap sulit untuk pasukan Ukraina di Bakhmut dan "keputusan terkait situasi itu" harus diambil jika pasukan Kyiv terancam oleh pengepungan oleh pasukan Rusia.

Ia juga membahas situasi terkini soal perang dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dan Perdana Menteri Mateusz Morawiecki. Dukungan internasional dan kerja sama dengan Ukraina juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Zelenskyy mengucapkan terima kasih kepada Polandia untuk apa yang ia gambarkan sebagai bantuan bersejarah kepada pemerintah Kyiv.

Duda mengatakan Rusia telah melakukan kejahatan perang di Ukraina dan harus dihukum.

“Hari ini kami berusaha untuk memberi Ukraina jaminan tambahan, jaminan keamanan yang akan memperkuat potensi militer Ukraina,” demikian kata presiden Polandia itu.

Polandia telah menjadi sekutu utama Ukraina. Badan pengungsi PBB mengatakan terdapat sekitar 1,5 juta pengungsi Ukraina yang telah mendaftar untuk memperoleh status perlindungan sementara di Polandia.

Polandia juga berperan sebagai transit utama untuk mitra-mitra Ukraina lain dalam pengiriman bantuan militer dan kemanusiaan untuk Ukraina. [jm/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG