Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Pecat Dua Pejabat Tinggi Kejaksaan


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berdiri di atas podium dalam konferensi pers di Kyiv, Ukraina, pada 3 Juli 2022. (Foto: AP/Nariman El-Mofty)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berdiri di atas podium dalam konferensi pers di Kyiv, Ukraina, pada 3 Juli 2022. (Foto: AP/Nariman El-Mofty)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengeluarkan perintah eksekutif pada Minggu (17/7), untuk memecat kepala instansi keamanan domestik yang berpengaruh, SBU, dan jaksa agung.

Perintah pemecatan kepala SBU Ivan Bakanov, teman masa kecil Zelenskyy, dan Jaksa Agung Iryna Venediktova, yang memimpin upaya untuk memproses kejahatan perang Rusia di Ukraina, diumumkan di situs resmi presiden.

Dalam unggahan terpisah di Telegram, Zelenskyy mengatakan ia memecat kedua pejabat tinggi itu karena diketahui sejumlah anggota instansi mereka bekerja sama dengan Rusia.

Ia mengatakan 651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap para pejabat kejaksaan dan penegak hukum, dan bahwa lebih dari 60 pejabat dalam instansi Bakanov dan Venediktova kini diketahui bekerja melawan Ukraina di wilayah yang diduduki Rusia.

"Serangkaian kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional negara ... menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait," kata Zelenskyy.

"Masing-masing pertanyaan ini akan mendapat jawaban yang tepat," katanya.

Zelenskyy menunjuk Oleksiy Symonenko sebagai jaksa agung baru. Pengangkatan itu diumumkan dalam perintah eksekutif terpisah yang juga dipublikasikan di situs presiden. [vm/pp]

Forum

XS
SM
MD
LG