Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Mengaku Kalah, Ucapkan Selamat kepada Penantangnya


Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kiri) pada acara debat dengan penantangnya, bintang komedi Volodymyr Zelenskiy di ibu kota Kyiv (19/4).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden.

Tak lama setelah exit poll menunjukkan bahwa Poroshenko hanya meraih seperempat suara dalam pemilu putaran kedua hari Minggu (22/4), ia mengakui kekalahannya dan menyampaikan kesediaan untuk membantu penantangnya Volodymyr Zelenskiy dalam transisi kepemimpinan.

Zelenskiy adalah seorang komedian yang dalam program televisi memerankan diri sebagai guru SMA yang terpilih menjadi presiden Ukraina. Ia tidak pernah memiliki pengalaman di dunia politik atau menjabat posisi apapun sebelumnya.

Poroshenko mengatakan ‘’saya akan meninggalkan puncak kekuasaan ini tetapi saya ingin menggarisbawahi bahwa saya tidak meninggalkan dunia politik.’’

Hasil exit poll yang dirilis setelah seluruh TPS ditutup menunjukkan Zelenskiy meraih 73,2% suara, sementara Poroshenko meraih 25,3% suara.

Exit poll dilakukan oleh Kiev International Institute of Sociology dan Razumkov Center dengan mengambil lebih dari 13.000 respon hasil tanya jawab di 300 TPS, dua jam setelah TPS ditutup.

Margin of error exit poll itu adalah 3%. (em)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG