Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina: Keanggotaan Uni Eropa Tidak akan Rusak Hubungan dengan Rusia


Viktor Yanukovych tidak yakin usaha negaranya untuk menjadi anggota Uni Eropa akan merusak hubungan yang diperbaharui kembali dengan Rusia.

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych mengatakan ia tidak yakin usaha negaranya untuk menjadi anggota Uni Eropa akan merusak hubungan yang diperbaharui kembali dengan Rusia. Yanukovych mengatakan di New York kepada kantor berita Associated Press, jalan yang dipilih Ukraina adalah menuju Uni Eropa, dan bahwa program pemerintah ditujukan ke arah itu.

Rusia berselisih dengan Uni Eropa dalam banyak masalah regional dan memandang blok tersebut merongrong lingkup pengaruh tradisionalnya di Eropa. Tetapi, Yanukovych mengatakan Ukraina tidak akan pernah memasuki NATO.

Ia mengatakan Ukraina masih akan bekerjasama dengan NATO, tetapi setiap usaha oleh Ukraina untuk memihak akan mengganggu perimbangan strategis di Eropa dan menciptakan kemungkinan keadaan yang berbahaya.

Yanukovych juga mengatakan pada hari Rabu, ia berharap untuk meningkatkan hubungan antara Kiev dan Washington. Menurutnya, hubungan kedua negara belum mencapai apa yang disebutnya tingkat yang bermanfaat.

XS
SM
MD
LG