Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina dan Utusan Iran Bahas Pesawat yang Ditembak Jatuh


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (ketiga dari kiri) dalam pertemuan dengan delegasi Iran dipimpin oleh Menteri Pembangunan Jalan dan Perkotaan Iran Mohammad Eslami di Kyiv untuk membahas insiden penembakan pesawat komersial Ukraina, 20 Januari 2020.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Senin (20/1/2020), mengadakan pembicaraan dengan delegasi Iran mengenai pesawat Ukraina yang jatuh pada 8 Januari lalu.

Menteri Pembangunan Jalan dan Perkotaan Iran Mohammad Eslami memimpin delegasi itu ke Kyiv.

Pembicaraan tersebut termasuk masalah pengiriman rekaman penerbangan pesawat ke Ukraina untuk dianalisa.

Pada Minggu (19/1/2020), pejabat Iran yang memimpin penyelidikan atas insiden tersebut tampaknya membatalkan rencana untuk mengirim Kotak Hitam (black box) yang berisi rekaman penerbangan ke luar negeri untuk dianalisa, sehari setelah mengatakan akan mengirimnya ke Kyiv.

Hassan Rezaeifar dikutip oleh kantor berita pemerintah Iran, IRNA "rekaman penerbangan dari pesawat Boeing Ukraina ada di tangan Iran dan kita tidak berencana mengirimnya keluar."

Rezaeifar mengatakan Iran sedang berusaha memulihkan data dan rekaman kabin, dan mungkin akan mengirim rekaman penerbangan itu ke Ukraina atau Perancis, namun sampai sekarang belum membuat keputusan. [my/pp]

XS
SM
MD
LG