Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina: AS Akan Beri Ekstra Bantuan 140 Juta Dolar


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy di Kiev, 3 September 2019. (Foto: dok).
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy di Kiev, 3 September 2019. (Foto: dok).

Presiden Ukraina, Jumat (13/9) mengatakan Amerika Serikat tidak hanya memberikan bantuan militer 250 juta dolar untuk negaranya, tetapi juga memberi tambahan 140 juta dolar.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan dalam konferensi di ibukota, Kiev, bahwa Ukraina akan menerima dana baru itu selain jumlah yang telah diumumkan sehari sebelumnya. Ia menyatakan menyambut baik bantuan tersebut dan berterima kasih kepada Amerika atas dukungannya berupa sanksi-sanksi ekonomi terhadap Rusia, yang menganeksasi Semenanjung Krimea, Ukraina, pada tahun 2014, dan mendanai kelompok separatis di Ukraina Timur.

Pemerintahan Presiden Donald Trump, Kamis (12/9) menyatakan telah mengeluarkan bantuan militer 250 juta dolar untuk Ukraina yang sebelumnya ditahan. Namun dana tambahan itu tidak disebut-sebut.

Deputi Kepala Staf Zelenskiy, Kirill Tymoshenko, mengukuhkan kepada kantor berita Associated Press setelah pidato presiden bahwa Ukraina benar-benar mengharapkan tambahan 140 juta dolar dari Amerika Serikat, tetapi ia tidak bersedia memberi rincian mengenai sumber atau peruntukan dana tersebut. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG