Tautan-tautan Akses

Presiden Turki Berbicara dengan Paus di Vatikan


Paus Fransiskus bersama Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri) dan istrinya Emine di Vatikan, 5 Februari 2018.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Senin (5/2) untuk melakukan pembicaraan yang diperkirakan mengenai status Yerusalem dan perang melawan terorisme.

Erdogan, merupakan presiden Turki yang pertama berkunjung ke Vatikan dalam 59 tahun. Paus bertemu dengannya dalam kunjungan Paus tahun 2014 ke Istanbul.

Sebelum keberangkatannya hari Minggu, Erdogan mengatakan ia berencana membicarakan dengan Paus keadaan kemanusiaan di Suriah, pertempuran melawan terorisme, Islamofobia, dan status kota Yerusalem.

Erdogan mengatakan bahwa Amerika Serikat “sendirian” dalam keputusannya mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Erdogan dan Sri Paus telah mengutarakan keprihatinan atas tindakan itu yang dikatakan oleh banyak sekutu Amerika dapat menggagalkan usaha perdamaian Timur Tengah.

Pihak berwenang Italia telah mengerahkan 3.500 polisi untuk kunjungan itu dan memberlakukan larangan demonstrasi 24 jam dari mulai tibanya Erdogan Minggu malam hingga keberangkatannya Senin malam.

Erdogan dijadwalkan bertemu dengan Presiden dan perdana menteri Italia setelah pertemuan Erdogan dengan Paus di Vatikan. [gp]

XS
SM
MD
LG