Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Tiba di Israel


Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam upacara penyambutan setibanya di Tel Aviv, Senin, 22 Mei 2017. (AP Photo / Oded Balilty)

Donald Trump memulai lawatan pertamanya ke Israel sebagai presiden. Lawatannya ini merupakan bagian dai usahanya untuk menghidupkan kembali usaha mewujudkan kesepakatan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Pesawat Air Force One mendarat Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv Senin pagi (22/5). Ia disambut PM Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Reuven Rivlin. Israel adalah persinggahan kedua Trump dalam lawatan luar negeri pertamanya ke Timur Tengah dan Eropa.

Senin, presiden dijadwalkan akan bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu. Ia juga akan berkunjung ke Gereja Makam Kudus dan Tembok Barat, sebuah tempat suci penting Yahudi.

Penerbangan langsung Presiden Donald Trump dari Riyadh ke Tel Aviv menorehkan sejarah baru. Sebelumnya tidak pernah ada penerbangan langsung antara Arab Saudi dan Israel.

Arab Saudi tidak mengakui Israel dan kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik.

Selasa (23/5), Trump akan bertemu Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas. Dari Israel, Trump akan terbang ke Vatikan untuk bertemu Paus Fransiskus. Ia akan mengakhiri lawatannya dengan menghadiri KTT penting di Brussels dan Sisilia. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG