Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Sambut 3 Warga AS yang Dibebaskan Korut


Presden AS Donald Trump (dua dari kanan) menyambut tiga warga AS yang baru saja dibebaskan dari sandera Korea Utara, Tony Kim (kiri), Kim Hak-song (dua dari kiri) dan Kim Dong-chul (kanan) setibanya di bandara militer Andrews, Maryland, 10 Mei 2018.

Presiden AS Donald Trump secara pribadi menyambut kedatangan tiga warga AS yang dibebaskan Korea Utara, Kamis dini hari.

Pada acara penyambutan yang berlangsung di Pangkalan Udara Bersama Andrews, di Maryland, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Gedung Putih, presiden -- didampingi Ibu Negara Melania Trump -- menaiki jet C-40 Angkatan Udara AS untuk berbincang-bincang singkat dengan ketiga pria yang sebelumnya dipenjarakan di Korea Utara itu.

Sebuah bendera Amerika berukuran sangat besar tampak terbentang dengan diusung dua truk pemadam kebakaran ikut mewarnai acara penyambutan itu.

Wakil Presiden Mike Pence dan Menlu Mike Pompeo juga menyambut kedatangan ketiga warga Amerika keturunan Korea itu setelah mereka keluar dari pesawat militer yang mereka tumpangi.

Setelah berjabat tangan, Presiden Trump – berdampingan dengan ketiga pria itu – mengungkapkan terima kasih kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un atas pembebasan mereka. Trump mengatakan, dengan pembebasan itu, Kim seolah mengisyaratkan bahwa pemimpin Korea Utara itu ingin membawa negaranya ke dunia yang sesungguhnya.

Trump sebelumnya mengatakan, tanggal dan lokasi pertemuannya dengan Kim akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Meski demikian ia mengatakan, pertemuan itu tidak akan dilangsungkan di Zona demiliterisasi Korea. Menurut sejumlah pejabat Gedung Putih, Singapura kemungkinan menjadi lokasi pertemuan kedua pemimpin tersebut. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG