Tautan-tautan Akses

Presiden Terpilih Perancis Berupaya Peroleh Mayoritas dalam Parlemen


Presiden terpilih Emmanuel Macron, menghadiri upacara di Paris, untuk memperingati ulang tahun penghapusan perbudakan, 10 Mei 2017. (Eric Feferberg, Pool via AP)

Para calon anggota parlemen di bawah panji Presiden terpilih Perancis Emmanuel Macron, berkumpul hari Sabtu (13/5) di Paris untuk menghadiri lokakarya pelatihan menjelang pemilihan parlemen yang penting bulan Juni.

Partai Republic on the Move (REM) pimpinan Macron mengumumkan daftar awal 428 orang calon untuk 577 kursi majelis rendah parlemen Perancis.

Banyak dari calon itu adalah pendatang baru dalam politik. Usia rata-rata calon adalah 46 tahun, dibandingkan dengan usia 60 anggota majelis parlemen yang akan habis masa jabatannya. Separuh adalah perempuan dan separuh lagi pria.

Hanya 24 orang anggota parlemen yang mencalonkan diri untuk terpilih kembali, semuanya Sosialis.

Macron, yang berhaluan tengah dan perpandangan pro-bisnis dan pro-Eropa, memenangkan pemilihan presiden Perancis tanggal 7 Mei yang baru lalu. Ia sekarang sedang berusaha untuk memperoleh mayoritas dalam parlemen untuk melaksanakan program atau proyeknya. [gp]

XS
SM
MD
LG