Tautan-tautan Akses

Presiden Terpilih Meksiko Hadirkan Gaya Kepemimpinan Santai


Presiden Meksiko terpilih Andres Manuel Lopez Obrador menyapa seorang pedukungnya saat dia berangkat ke Istana Nasional untuk bertemu dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di Mexico City, 3 Juli 2018.
Presiden Meksiko terpilih Andres Manuel Lopez Obrador menyapa seorang pedukungnya saat dia berangkat ke Istana Nasional untuk bertemu dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di Mexico City, 3 Juli 2018.

Presiden Meksiko terpilih, Andres Manuel Lopez Obrador, pergi ke salah satu pertemuan paling pentingnya pada Selasa (3/7/2018) dengan menggunakan mobil. Melintasi kota di tengah lalu lintas padat, Lopez Obrador mengendarai mobil dengan kaca mobil diturunkan dan tanpa aparat keamanan yang terlihat di sekelilingnya.

Lopez Obrador menampilkan gaya kepemimpinan baru yang santai. Namun hal itu menimbulkan kekhawatiran atas keselamatannya di Meksiko, yang kerap dilanda aksi kekerasan.

Sebagai pengganti polisi, setengah lusin juru kamera televisi yang menggunakan sepeda motor mengelilingi mobil Lopez Obrador ketika menuju ke pertemuannya dengan Presiden Enrique Pena Nieto di Istana Nasional, di jantung kota Meksiko.

“Rakyat akan melindungi saya,” ujar Lopez Obrador kepada wartawan yang mempertanyakan tidak adanya keamanan khusus baginya. Ia menyarankan wartawan untuk melindunginya dari belakang, tetapi dengan bercanda mengatakan “saya sudah beberapa kali terkena kamera, tolong jangan gencet saya” ujarnya kepada wartawan.

Lopez Obrador mengadakan pertemuan dengan Pena Nieto untuk membahas transisi jabatan pada 1 Desember nanti, dengan harapan akan berlangsung secara teratur pasca kampanye yang panas dan terpecah-belah itu.

Sementara itu Departemen Hubungan Luar Negeri Meksiko mengatakan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo akan melawat ke Meksiko pada 13 Juli mendatang untuk bertemu dengan Lopez Obrador, pertemuan tingkat tinggi pertama dengan seorang tokoh populis-kiri yang telah sejak lama membantah tudingan bahwa ia anti-Amerika. [em/al]

XS
SM
MD
LG