Tautan-tautan Akses

Presiden Taiwan Lakukan Kunjungan Kenegaraan di Tengah Kebuntuan dengan China


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei, Taiwan, 10 Oktober 2017.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen akan bertolak ke Amerika Serikat dan tiga negara di Pasifik Selatan dalam upaya mendobrak isolasi diplomatik yang diberlakukan lawannya, China.

Tsai akan mengunjung Kepulauan Marshall dan Solomon serta Tuvalu mulai Sabtu, sambil transit di Hawaii dan teritori Amerika, Guam. Ketiganya termasuk di antara 20 negara saja yang memberi pengakuan diplomatik resmi kepada Taiwan.

Kunjungan Tsai itu menyusul perubahan hubungan diplomatik Panama ke Beijing pada Juni lalu, yang dianggap sebagai kemunduran diplomatik besar bagi Taiwan.

Di Marshalls dan Solomons, Tsai akan mencari “peluang untuk lebih memahami kebutuhan pembangunan berkelanjutan dari kedua negara dan menentukan bagaimana Taiwan dapat membantu sesuai dengan diplomasi yang kokoh,” sebut pemerintah Taiwan dalam suatu pernyataan yang dimuat dalam situs Internet resminya.

Di Beijing, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang meminta agar Tsai dilarang transit melalui Amerika, yang, sebagaimana kebanyakan negara, hanya memiliki hubungan tidak resmi dengan Taiwan. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG