Tautan-tautan Akses

Presiden Somalia Puji Kemenangan di Kismayo


Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud memuji kemenangan pasukannya atas pemberontak Al-Shabab di kota Kismayo (foto: dok).
Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud memuji kemenangan pasukannya atas pemberontak Al-Shabab di kota Kismayo (foto: dok).

Presiden Somalia menyambut baik direbutnya Kismayo, kota besar terakhir yang dikuasai kelompok militan terkait al-Qaida, al-Shabab.

Presiden Hassan Sheikh Mohamud mengatakan demikian kepada VOA melalui telepon hari Selasa dari Beledweyne, kota yang direbut dari al-Shabab akhir tahun lalu.

Ia menyebut hal tersebut sebagai suatu kemenangan. Mohamud mengatakan ia menyampaikan ucapan selamat kepada pasukan pemerintah Somalia dan Uni Afrika yang merebut Kismayo, dan mengatakan pemerintahannya hendak mendirikan pemerintahan sipil di kawasan Jubba yang mewakili masyarakat lokal.

Ia mengatakan pemerintahnya akan mengambil peran pemimpin dalam konsultasi mengenai hal ini dengan pihak lain.

Pasukan pemerintah Somalia dan Kenya yang bekerjasama dengan pasukan Uni Afrika telah mengambil alih Kismayo sepenuhnya, tiga hari setelah al-Shabab meninggalkan kota pesisir itu, menyusul serangan oleh pasukan Kenya.

Recommended

XS
SM
MD
LG