Tautan-tautan Akses

Presiden Seumur Hidup Resahkan Sektor Swasta China


Para pengunjung berjalan di depan poster yang menunjukkan potret Presiden China Xi Jinping di Beijing, China, 26 Februari 2018.

Langkah Partai Komunis yang berkuasa untuk mengizinkan pemimpin Xi Jinping sebagai presiden seumur hidup China sedang menimbulkan kekhawatiran bahwa Beijing mungkin akan merongrong reformasi yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan ekonomi China.

Para pengusaha dan ekonom memperkirakan China akan tergelincir ke arah kekuasaan satu-orang di bawah pemerintahan Xi dan beralih dari lembaga-lembaga yang netral, yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan swasta yang menghasilkan lapangan pekerjaan dan kekayaan.

Baca juga: China Usulkan Hapus Batas Masa Jabatan Presiden

Para analis sektor swasta memperkirakan tidak akan ada dampak jangka pendek keputusan partai untuk menghapuskan pembatasan masa jabatan dalam konstitusi. Tetapi, mereka mengatakan pemusatan kekuasaan yang lebih besar di tangan Xi dapat menghambat kegiatan usaha dan mengurangi investasi karena ekonomi China akan lebih sulit diperkirakan dan kurang mampu menghadapi tantangan. [gp]

XS
SM
MD
LG