Tautan-tautan Akses

Presiden Moon: Korsel Akan Mulai Program Vaksinasi Februari


Seorang anggota staf medis yang mengenakan alat pelindung mengambil sampel dari seorang pengunjung untuk menguji virus corona Covid-19 di stasiun pengujian sementara di luar stasiun kereta api di Seoul pada 16 Desember 2020. (Foto: AFP)

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Senin (11/1), berjanji untuk memvaksinasi semua warga Korea Selatan secara gratis.

“Mulai bulan depan, kita bisa mulai memvaksinasi semua orang. Kami akan memastikan bahwa semua warga dapat divaksinasi secara gratis sesuai prioritas. Kami juga mengevaluasi berbagai pengobatan virus yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Korea Selatan. Pemerintah akan memastikan transparansi seluruh proses evaluasi keamanan, persetujuan dan efektivitas vaksin-vaksin itu, " katanya.

Moon membuat pernyataan itu pada pidato kenegaraan tahun barunya yang ditayangkan televisi secara nasional.

Ia mengatakan negara akan mulai menyelenggarakan program vaksinasi berdasarkan prioritas. Mereka yang dianggap paling membutuhkan akan didahulukan.

Dalam kesempatan itu, Moon juga mengatakan, Korea Selatan akan bekerja sama dengan presiden terpilih Joe Biden untuk memperkuat hubungan negara itu dengan Amerika.

Moon mengatakan, sementara mempererat hubungan dengan Washington, negara itu juga akan berusaha memulihkan pembicaraan AS-Korea Utara yang macet dan pembicaraan antar-Korea. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG