Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko Tolak Lakukan Tes Virus Corona


Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador dalam konferensi pers di Mexico City, Meksiko. (Foto: dok).

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador berusaha menghilangkan kecurigaan mengenai kesehatannya setelah seorang pejabat tinggi yang baru-baru ini melakukan kontak dengannya terjangkit virus corona.

Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan hari Senin (8/6) bahwa ia baik-baik saja dan bahwa ia tidak akan melakukan tes karena ia tidak memiliki gejala-gejala terjangkit.

Ia mengatakan, Zoé Robledo, direktur sistem keamanan sosial Meksiko, sekarang ini sedang dikarantina setelah hasil tes virus coronanya positif, menyusul kehadirannya di sebuah acara di ibu kota negara bagian Tabasco, Villahermosa, bersama dengan para anggota kabinet bidang keamanan.

Menanggapi kritik ia telah melakukan terlalu banyak perjalanan belakangan ini untuk mempromosikan pembukaan kembali aktivitas negaranya, López Obrador memilih untuk melakukan telekonferensi daripada kunjungan ke Gedung Putih, sewaktu perjanjian perdagangan bebas baru dengan AS dan Kanada mulai berlaku pada 1 Juli.

Presiden mengatakan, ia mengikuti rekomendasi para dokter, yang harus dipatuhi siapapun terlepas dari jabatannya.

Meksiko termasuk negara di Amerika Latin dengan catatan kasus dan kematian tertinggi. Meksiko melaporkan lebih dari 120 ribu kasus virus corona terkonfirmasi dan lebih dari 14 ribu kematian. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG