Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko Positif Covid-19


Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador dalam konferensi pers harian di istana kepresidenan di Mexico City, 18 Desember 2020.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador pada Minggu (24/1) mengatakan dia positif terjangkit Covid-19 dan mengalami gejala ringan.

Presiden Meksiko itu, yang dikritisi karena caranya menangani pandemi, mengatakan lewat Twitter bahwa dia menjalani perawatan medis.

“Dengan berat hati saya sampaikan bahwa saya terinfeksi Covid-19,” cuitnya. “Gejalanya ringan tapi saya menjalani perawatan medis. Seperti biasa, saya optimis. Kita semua akan melangkah maju.”

López Obrador, yang berusia 67 tahun, sejak lama dikritik karena tidak memberi contoh yang baik. Dia jarang terlihat mengenakan masker dan terus melakukan kegiatan yang padat dengan menaiki pesawat komersial.

Dia menolak mengunci perekonomian karena menurutnya hal itu akan berdampak buruk pada begitu banyak warga Meksiko yang bertahan hidup hari demi hari.

Pada awal pandemi, ketika ditanya bagaimana dia akan melindungi Meksiko, López Obrador mengeluarkan dua jimat dari dompet dan memamerkannya.

Pengumumannya itu disampaikan tidak lama setelah muncul berita bahwa dia akan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (25/1) mengenai pembelian vaksin Covid-19 Sputnik yang diproduksi Rusia.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mencuit lewat Twitter bahwa kedua pemimpin itu akan berbicara mengenai hubungan bilateral dan penyediaan vaksin.

Vaksin itu belum mendapat persetujuan di Meksiko, tapi pemerintah berusaha memenuhi kekosongan akibat minimnya vaksin Pfizer. Meksiko telah menyuntikkan lebih dari 618 ribu dosis vaksin Pfizer.

Meksiko telah mencatat hampir 150 ribu orang meninggal dan lebih dari 1,7 juta orang terinfeksi Covid-19. [vm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG