Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko: Bantuan AS ke Ukraina ‘Tidak Masuk Akal’, Berinvestasilah di Amerika Latin


Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berbicara dalam konferensi pers harian di Mexico City, pada 7 September 2023. (Foto: Reuters/Raquel Cunha)
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berbicara dalam konferensi pers harian di Mexico City, pada 7 September 2023. (Foto: Reuters/Raquel Cunha)

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, pada Senin (2/10), mengatakan bahwa Amerika Serikat seharusnya berinvestasi di Amerika Latin, karena bantuan yang diberikan AS untuk membantu Ukraina “tidak masuk akal.”

“Itu yang kami inginkan, agar AS berinvestasi demi memberi manfaat bagi Amerika Latin dan Karibia. Agar mereka menjamin lapangan kerja, kesejahteraan dan perhatian bagi generasi muda.”

Lopez Obrador mengkritik Kongres AS karena tidak menyediakan anggaran bagi Amerika Latin, sebelum merujuk pada perselisihan Kongres minggu lalu terkait rancangan undang-undang anggaran sementara yang tidak memasukkan bantuan tambahan bagi Ukraina.

Lopez Obrador yang beraliran kiri berusaha menjaga netralitas Meksiko dalam perang Rusia ke Ukraina. Ia telah mengkritik bantuan militer negara-negara Barat untuk Kyiv. Ia juga telah menyerukan perundingan damai untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina.

Dua minggu lalu, Lopez Obrador membela kehadiran unit militer Rusia dalam parade peringatan hari kemerdekaan Meksiko akhir pekan lalu, setelah menerima kritik tajam yang menuduh negaranya telah memberikan panggung kepada pasukan yang menginvasi Ukraina. Terlepas dari itu, pemerintahannya sendiri mendukung beberapa resolusi utama PBB yang mengkritik peran Rusia dalam konflik tersebut. [rd/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG