Tautan-tautan Akses

Presiden Iran: Tidak Ada Rencana Bertemu Biden Selama SU PBB


Presiden Ebrahim Raisi dalam konferensi pers di Teheran, Iran, Senin, 29 Agustus 2022. (Kantor Kepresidenan Iran via AP)
Presiden Ebrahim Raisi dalam konferensi pers di Teheran, Iran, Senin, 29 Agustus 2022. (Kantor Kepresidenan Iran via AP)

Presiden Iran, Senin (19/9), mengatakan bahwa ia tidak berencana bertemu Presiden Amerika Joe Biden dalam kunjungannya ke New York.

Ebrahim Raisi meninggalkan Teheran menuju New York, Senin pagi (19/9) untuk menghadiri Sidang Umum PBB untuk pertama kalinya.

"Tidak ada rencana untuk bertemu atau bernegosiasi dengan para pemimpin Amerika. Kami tidak memiliki rencana apa pun untuk bertemu mereka," kata Raisi di bandara Mehrabad, Teheran, sebelum menuju Amerika.

Pembicaraan antara Iran dan negara-negara kuat dunia mengenai dihidupkannya kembali kesepakatan nuklir 2015 tetap mandek.

Dalam wawancara dengan televisi CBS dan ditayangkan Minggu, Raisi mengatakan, Amerika tidak dapat dipercaya dan menuntut jaminan bahwa Amerika tidak akan menarik diri dari kesepakatan seperti yang dilakukan Presiden Donald Trump pada 2018.

Raisi mengatakan dia tidak berencana bertemu dengan Biden di sela-sela acara PBB karena tidak ada gunanya. Namun, ia kembali menegaskan bahwa Iran bersedia membahas pertukaran tahanan dengan Amerika. [ka/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG