Tautan-tautan Akses

Presiden Ekuador: Julian Assange Bebas Tinggalkan Kedutaan di London


Julian Assange menyalami pendukungnya dari jendela Kedutaan Ekuador di London, Inggris (foto: dok).

Presiden Ekuador Lenin Moreno mengatakan, pendiri WikiLeaks, Julian Assange "bebas dengan aman" untuk meninggalkan kedutaan Ekuador di London, di mana ia telah menetap selama enam tahun untuk menghindari penangkapan oleh polisi Inggris dan kemungkinan diekstradisi.

Berbicara dalam wawancara media hari Kamis (6/12), Moreno mengatakan, dia telah menerima jaminan tertulis dari Inggris bahwa Assange dapat meninggalkan gedung kedutaan dengan aman. Moreno tidak mengatakan, apakah Assange akan dipaksa keluar dari kedutaan itu.

Assange minta suaka di kedutaan Ekuador pada tahun 2012 ketika menghadapi tuduhan kejahatan seksual di Swedia. Assange mengatakan, dia tadinya khawatir dakwaan itu mungkin digunakan untuk mengekstradisinya ke Amerika, di mana dia dituduh membocorkan rahasia intelijen AS melalui situs WikiLeaks.

Penyelidikan di Swedia kemudian dibatalkan, dan Ekuador mengatakan tidak ada permintaan ekstradisi yang diajukan terhadap Assange.

Moreno mengatakan, Inggris telah memberi jaminan kepada dia bahwa Inggris tidak akan mengekstradisi seseorang ke negara di mana jiwanya akan terancam. (ps/is)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG