Tautan-tautan Akses

Presiden China Xi Incar Kekuasaan Lebih Besar


Presiden Xi Jinping berbicara dalam Sidang Umum Interpol ke-86 di Beijing, 26 September 2017.

Setelah mengalahkan pesaingnya, Presiden China, Xi Jinping, bersiap mengkonsolidasikan kekuasaannya yang sudah besar menyusun kekuatannya yang memang sudah besar pada saat Partai Komunis membuka Kongres Nasional pada Rabu (18/10).

Dari rapat-rapat tertutup, biasanya pemain-pemain kuat akan tampil di muka umum dengan peran baru. Dalam rapat nanti, Xi Jinping akan memberikan pidato untuk memaparkan pandangan politik dan ekonomi dari negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, untuk lima tahun ke depan.

Xi Jinping yang diperkirakan akan meneruskan masa jabatan lima tahun yang kedua, akan membuka Kongres dengan pidato untuk mengisyaratkan apakah teori politiknya akan dicantumkan dalam konstitusi partai, seperti halnya para pendahulunya, Mao Zedong dan Deng Xiaoping.

Dalam pidatonya, dia diharapkan akan menegaskan komitmen partai untuk mencapai sasaran ‘masyarakat moderat yang sejahtera’ pada 2021, bertepatan dengan ulang tahun ke-100 berdirinya partai. Dia juga akan menegaskan komitmen untuk mencapai kekuatan nasional yang lebih besar lagi dan kesejahteraan pada 2049. [al]

XS
SM
MD
LG