Tautan-tautan Akses

Presiden China Serukan ‘Gencatan Senjata Global’ Selama Olimpiade Paris


Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara dengan Presiden ChinP Xi Jinping saat makan malam kenegaraan di Istana Elysee di Paris, Senin, 6 Mei 2024. Perancis. (Foto: melalui AP)
Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara dengan Presiden ChinP Xi Jinping saat makan malam kenegaraan di Istana Elysee di Paris, Senin, 6 Mei 2024. Perancis. (Foto: melalui AP)

Presiden China Xi Jinping pada Senin (6/5) mengatakan negaranya bersedia bekerja sama dengan Prancis, ke arah “penghentian perang” global selama Olimpiade Paris mendatang.

Pada konferensi pers di Paris, Xi mengatakan negaranya telah memainkan “peran aktif dalam mencapai perdamaian” dalam perang di Ukraina. Ia menambahkan bahwa China telah meluncurkan mediasi ulang alik putaran ketiga.

China mengklaim bersikap netral dalam konflik di Ukraina. Namun, Xi dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan pemerintah negara mereka “bersahabat tanpa batas” sebelum Moskow menyerang Ukraina.

Mengenai perang di Gaza, Xi menyerukan gencatan senjata “segera, komprehensif dan berkelanjutan.” Ia juga menyerukan agar menghidupkan kembali pembicaraan untuk mencapai solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun.

Xi mengatakan, “Dalam kunjungan ini, 18 perjanjian kerja sama antardepartemen telah ditandatangani, yang mencakup penerbangan, pariwisata, pertanian, kemanusiaan, pembangunan ramah lingkungan, kerja sama perusahaan kecil dan menengah serta bidang-bidang lain.”

Presiden Emmanuel Macron menjamu pemimpin China itu, yang tiba di Prancis pada Minggu, untuk kunjungan kenegaraan dua hari. Kunjungan ke Paris itu mengawali lawatan Xi ke Eropa.

Isu-isu perdagangan masuk agenda utama pembicaraan antara kedua pemimpin. Macron mengecam praktik-praktik perdagangan China yang mendukung proteksi dan subsidi.

Lawatan Xi menandai 60 tahun hubungan diplomatik Prancis-China, dan menindaklanjuti kunjungan Macron ke China pada April 2023.

Setelah Prancis, kunjungan Xi berikutnya adalah Hongaria dan Serbia. [uh/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG