Tautan-tautan Akses

Presiden Burundi Tak Akan Calonkan Diri Lagi


Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza berbicara kepada media.
Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza berbicara kepada media.

Presiden Burundi Pierre Nkurunziza mengumumkan hari Kamis (7/6) bahwa ia tidak akan menjadi kandidat presiden tahun 2020. Pernyataan mengejutkan itu disampaikan kurang dari tiga minggu setelah ia mendesakkan konstitusi baru yang memungkinkannya tetap berkuasa hingga tahun 2034.

Berbicara dalam bahasa Kirundi, ia mengingatkan hadirin akan janjinya dalam pelantikan tahun 2015, tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya.

"Sebagai ketua CNDD-FDD, partai yang berkuasa, saya ingin mengumumkan bahwa saya tidak akan mengingkari kata-kata saya," ujarnya.

Burundi menghadapi krisis politik serius sejak Nkurunziza menyatakan niat mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada pemilu 2015, dengan alasan, masa jabatan pertamanya tidak dihitung karena ia waktu itu dipilih oleh anggota parlemen.

Keputusan itu memicu kekerasan yang menewaskan sedikitnya 1.200 orang dan lebih dari 400 ribu orang mengungsi antara April 2015 dan Mei 2017, menurut perkiraan Pengadilan Kriminal Internasional, yang telah membuka penyelidikan. [ka/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG