Tautan-tautan Akses

Presiden baru Afrika Selatan Sanjung Era Baru bagi Negaranya


Presiden baru Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memberikan pidato di depan Parlemen di Cape Town, hari Jumat (16/2).

Presiden baru Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyanjung era baru negaranya dan berjanji akan memberantas korupsi. Hal ini diucapkannya menyusul mundurnya Jacob Zuma, pendahulunya yang dililit skandal korupsi.

Dalam pidato tentang keadaan negara di Parlemen hari Jumat (16/2), Ramaphosa mengemukakan nada optimisme dan garis-garis besar visi untuk membangkitkan kembali ekonomi negara.

“Kita harus melupakan semua yang buruk yang selama ini menghantui negara kita sebab era baru sudah berada di depan kita dan era menakjubkan telah tiba” kata Ramaphosa.

Ia mengambil sumpah jabatan hari Kamis, sehari sesudah Zuma dipaksa mundur ketika Partai Kongres Afrika (ANC) yang memerintah akhirnya menampik kepemimpinannya yang penuh goncangan.

Zuma mundur dengan enggan setelah partainya ANC mengancam akan menyingkirkannya lewat mosi tidak percaya di Parlemen. Ia mengeluh sebab merasa mendapat perlakuan sangat tidak adil dari partai.

Ramaphosa menjanjikan ketegasan dan kepastian dalam kebijakannya bertentangan dengan Zuma yang sering dikecam karena melakukan perobahan yang tidak diduga dalam kebijakan dan anggota kabinet. [as]

XS
SM
MD
LG