Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Kunjungi Washington


Karzai dan Obama akan membahas soal keamanan di Afghanistan, termasuk usaha berdamai dengan pemberontak Taliban.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai tiba di Washington untuk kunjungan empat hari guna memperbaiki hubungan bilateral setelah terlibat perdebatan terbuka dengan sejumlah pejabat Amerika.

Karzai yang didampingi hampir 10 menteri kabinetnya itu akan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton hari Senin malam, sebelum keduanya melakukan pembicaraan hari Selasa. Pemimpin Afghanistan itu kemudian akan bertemu dengan Presiden Barack Obama hari Rabu.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan pembicaraan akan dipusatkan pada keamanan dan tata pemerintahan Afghanistan, termasuk usaha Karzai memberantas korupsi dan upayanya merangkul pemberontak Taliban yang ingin berdamai.

Kunjungan Presiden Karzai itu adalah yang pertama sejak ia membuat marah para pejabat Amerika karena menuduh pemerintahan asing dan PBB berada dibalik kecurangan yang meluas dalam pemilu presiden di Afghanistan tahun lalu.

Ketika ditanya tentang hubungan kedua negara, Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Karl Eikenberry kepada wartawan mengatakan pemerintah AS dan Afghanistan bersekutu sangat erat.


XS
SM
MD
LG