Tautan-tautan Akses

Positif Doping, Atlet Seluncur Cepat Jepang Kena Skors di Pyeongchang


Peseluncur Jepang, Kei Saito berada di depan Thomas Insuk Hong (AS) dan Lu Xiucheng (China) saat berkompetisi dalam kompetisi seluncr cepat jarak pendek 1.000 meter di Innsbruck, Austria, 18 Januari 2012. (Foto: dok).

Atlet seluncur cepat Jepang Kei Saito diskors dari Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang setelah tesnya menunjukkan ia positif menggunakan bahan terlarang.

Saito tiba di perkampungan atlet di kota Pyeongchang, Korea Selatan, Senin lalu dan dites tidak lama setelah ikut dalam kegiatan latihan. Ia dikenai skors sementara oleh Mahkamah Arbitrase Olahraga setelah tesnya menunjukkan hasil positif untuk acetalozamide, diuretik yang dapat digunakan untuk menyamarkan obat-obat untuk meningkatkan performa.

Dalam suatu pernyataan, Saito mengemukakan ia “terkejut” oleh hasil tersebut, karena ia tidak pernah menggunakan steroid atau bahkan mempertimbangkan untuk menggunakan steroid. Ia meninggalkan timnya dan perkampungan atlet secara sukarela agar ia tidak membebani rekan-rekannya.

Baca juga: Botol Tes Doping Baru Berpotensi Rentan Manipulasi

Menurut Associated Press, Saito adalah atlet cadangan untuk tim estafet 5.000 meter. Ini adalah kasus doping pertama di Olimpiade Pyeongchang. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG