Tautan-tautan Akses

AS

Pompeo Menuju Jerman, Afrika dan Timur Tengah


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama (tak tampak di foto) memberikan pernyataan kepada pers, di Washington DC, 4 Februari 2020. (Foto: AFP)

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo sedang menuju Munchen, Senegal, Angola, Etiopia, Arab Saudi dan Oman. Di setiap persinggahannya, Pompeo kemungkinan akan membahas isu keamanan, hubungan ekonomi, dan nilai-nilai bersama.

Di Munchen, Pompeo akan menghadiri Konferensi Keamanan. Bersama pimpinan dari seluruh dunia, ia kemungkinan akan membahas virus korona, upaya-upaya mengakhiri kekerasan di Afghanistan, situasi keamanan di Irak, dan ancaman Iran.

Kunjungan itu akan menjadi yang pertama bagi Pompeo sebagai Menlu Amerika ke sub-Sahara Afrika, dan perhentian pertamanya di sana adalah Senegal. Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan kepada wartawan, hubungan Amerika dengan Senegal sudah berlangsung 60 tahun dan kedua negara berbagi nilai-nilai demokrasi yang kuat. Pompeo berencana bertemu Presiden Senegal Macky Sall.

Komando Amerika Afrika mengatakan saat ini terdapat sekitar 6.000 personel militer Amerika di Afrika, tetapi jumlah itu akan dikurangi setelah tinjauan global yang dilakukan Pentagon. Presiden Senegal mengatakan penarikan pasukan Amerika akan merupakan kesalahan, dan bisa disalahpahami orang Afrika. [ka/pp]

XS
SM
MD
LG