Tautan-tautan Akses

Pompeo Janjikan “Pengumuman Signifikan” tentang Perjanjian Dagang Amerika-China


Menlu AS, Mike Pompeo, berbicara dalam forum Future Farmers of America dan siswa-siswa Johnston High School, 4 Maret 2019, Johnston, Iowa (foto: AP Photo/Charlie Neibergall)
Menlu AS, Mike Pompeo, berbicara dalam forum Future Farmers of America dan siswa-siswa Johnston High School, 4 Maret 2019, Johnston, Iowa (foto: AP Photo/Charlie Neibergall)

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo hari Senin (4/3) menunjukkan optimisme bahwa perundingan dagang dengan China untuk menyudahi tarif bernilai ratusan miliar dolar terhadap produk-produk China akan berlangsung sukses.

“Hal ini belum akan berakhir hingga benar-benar berakhir. Tetapi sudah banyak kemajuan. Saya sangat berharap, dalam beberapa hari dan minggu ini, akan ada pengumuman signifikan,” ujar Pompeo dalam wawancara di Des Moines, Iowa.

https://www.state.gov/secretary/remarks/2019/03/289866.htm

Diplomat tertinggi Amerika itu berada di Iowa untuk membahas upaya diplomatik guna mempromosikan kepentingan ekonomi dan ekspor Amerika. Para petani Iowa telah sangat terpukul dengan perselisihan perdagangan Amerika-China.

“Presiden Trump telah bertekad untuk memberikan keadilan kepada para petani Iowa, dengan menyudahi pencurian kekayaan intelektual yang dilakukan China dan meningkatkan daya saing dengan menjual produk-produk ke China,” tambah Pompeo.

https://www.state.gov/secretary/remarks/2019/03/289862.htm

Impor pertanian China dari Amerika telah anjlok sejak pemberlakuan tarif balasan terhadap produk-produk pertanian Amerika tahun lalu.

Lawatan Pompeo itu hanya berselang beberapa hari setelah Presiden Donald Trump menuntut China untuk segera mencabut tarif terhadap produk-produk pertanian Amerika. Jum’at lalu (1/3) Trump mencuit bahwa pembicaraan perdagangan berjalan baik dan ia telah meminta China untuk segera mengakhiri pengenaan tarif terhadap produk pertanian Amerika. Trump juga mengatakan akan menunda rencananya untuk mengenakan tarif 25% terhadap barang-barang China. Sebelumnya Trump menetapkan tanggal 1 Maret sebagai tenggat untuk meningkatkan pemberlakuan tarif dari 10% menjadi 20% - dengan total nilai 200 miliar dolar. [em]

XS
SM
MD
LG